Hati Hati Aksi Bius Saat Mudik

Saturday 28 August 2010 ·

Musim mudik lebaran akan segera tiba. Masyarakat yang hendak mudik pun diimbau untuk waspada dari segala aksi kejahatan seperti pembiusan dan hipnotis.

“Tetap hati-hati dan waspada saja akan aksi kejahatan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Boy Rafli Amar di kantornya, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (10/8/2010).

Boy mengatakan, aksi kejahatan pembiusan dan hipnotis sering terjadi di terminal, bandara maupun stasiun kereta yang notebene nantinya tempat akan dipenuhi para pemudik.


“Sasarannya pemudik yang membawa barang banyak,” kata Boy.

Modus kejahatan pembiusan biasanya dilakukan melalui minuman. Pelaku
terlebih dulu mengajak calon korbannya untuk mengobrol. Awalnya korban ditanya-tanya kemana tujuan mudiknya. Lalu pelaku berpura-pura mau mudik dengan tujuan yang sama dengan korbannya.

Setelah korban merasa nyaman dengan pembicaraan, lalu korban ditawari minuman kaleng. Biasanya, di minuman kaleng yang ditawarkan itu jenisnya minuman kopi.

“Karena jenis minuman kopi bisa menyamarkan obat bius dengan rasa pahitnya. Kopi kan rasanya sedikit pahit-pahit, sehingga tidak berasa atau tercium obat biusnya jika menggunakan kopi,” katanya.

Obat yang dicampurkan sebagai obat bius biasanya obat CTM dalam jumlah yang banyak. CTM ini lebih dulu ditumbuk. Lalu CTM dimasukkan ke dalam kaleng dengan cara melubangi kaleng sebesar diameter paku. Kaleng lalu ditutup lagi dengan menggunakan alumunium foil.

“Sehingga nyaris tidak terlihat ada lubangnya,” katanya.

Setelah korban terperdaya, korban lalu akan jatuh pingsan. Bisa jadi korban pingsan berhari-hari karena overdosis. Dengan begitu, pelaku dengan mudahnya menguras semua barang berharga milik korban.

Masyarakat juga diimbau untuk mewaspadai aksi kejahatan hipnotis. Pelaku hipnotis, biasanya mengincar korban yang terlihat linglung.(detik)

0 komentar:

Tentang Kami

Photobucket

Kami siap mewujudkan impian anda.

Karena kami adalah solusi anda

We build more and trust

Show/Hide Panel

Forum Kicaumania Indonesia

BIRD CLUB

Chit Chat

Recent Comments

Tukaran Link

Tukaran Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Ronie Blog